Tingkatkan Imunitas Si Kecil Persalinan Caesar Dengan ASI Eksklusif

By Tikaprastyoo - September 09, 2020

"Tau kah bunda bahwa metode dengan persalinan caesar dapat menurunkan imunitas si kecil ? kita ulas yuk bunda."

Areabunda - Menurut data Riskesdas 2018, prevalensi tindakan persalinan caesar di Indonesia diangka 17,6 persen. Namun, apapun tindakan persalinannya, imunitas anak harus dijaga karena belum banyak yang mengetahui bahwa proses persalinan caesar dapat mempengaruhi imunitas anak.

Oleh karena itu Danone Specialized Nutrilon (SN) Indonesia melalui Nutriclub berharap dengan adanya seminar digital ini, lebih banyak orang tua dapat mengetahui secara lengkap informasi yang mereka perlukan dalam mempersiapkan kelahiran caesar khusus bagi orang tua dengan lahir caesar, agar dapat mendukung komposisi mikrobiota sehat untuk mengoptimalkan sistem imunitas si kecil. Tutur Arif Nujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.

Dalam Seminar Digital, "Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat" hadir 3 narasumber yang ahli dibidangnya, yaitu :
3 Narasumber
1. Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal
2. Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA(k), PhD, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi
3. Cynthia Lamusu, Celebrity mama (Ibu dengan Persalinan Caesar)

Pertama, sebelum menjelaskan paparan dari narasumber. Apa sih persalinan caesar itu ? Persalinan Caesar merupakan salah satu prosedur pembedahan mayor yang sering dilakukan, melahirkan janin melalui insisi pada dinding anterior abdomen (laparotomi) dan dinding uterus (histerotomi).

"Dalam beberapa kasus, operasi persalinan caesar adalah prosedur penyelamatan jiwa dan bisa jadi pilihan tepat untuk seorang ibu dan anaknya."
Adapun faktor yang mempengaruhi, seperti : paritas, panggul yang sempit, ketuban pecah dini, pre-eklamsia, janin yang terlalu besar, kelainan letak janin, dan janin kembar, serta faktor non medis seperti kondisi psikis ibu bisa meningkatkan resiko melahirkan secara caesar. Ujar dr. Ali.

Orang tua yang memiliki potensi kelahiran caesar biasanya sudah mempersiapkan berbagai hal untuk kesehatan ibu dan anak. Namun, ada satu hal yang perlu diketahui lebih banyak orang tua, yaitu bahwa metode kelahiran caesar dapat mempengaruhi sistem imun anak. Sebab, jalur lahir dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang penting untuk perkembangan imunitas anak.

Kok bisa, anak yang dilahirkan dengan jalan persalinan caesar mengalami masalah imunitas ?

(Ilustrasi gambar yang menjelaskan persalinan caesar mengalami masalah imunitas)
Metode persalinan dapat menentukan jenis mikrobiota yang nantinya akan menghuni usus anak, termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium. Sedangkan anak yang lahir secara caesar, proses kolonisasi mikrobiotanya terpengaruh faktor eksternal sehingga terjadi ketdakseimbangan mikrobiota usus.

Kolonisasi mikrobiota usus merupakan hal yang krusial dalam menjaga kesehatan si kecil. Paparan pertama dengan komunitas mikrobiota maternal (vagina, feses, ASI, mulut dan kulit) akan menentukan kematangan usus, perkembangan metabolik dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, tambah dr. Ali.

Apa sih Mikrobiota Usus ?

Mikrobiota Usus adalah bakteri baik atau jahat yang ada dalam usus yang jumlahnya 1-2kg yang melebihi jumlah sel tubuh. Lokasi paling banyak berada di usus besar.

Sebuah penelitian menunjukan anak lahir caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal sehingga anak lahir caesar memiliki risiko tinggi terhadap berbagai gangguan sistem imunitas.

Bagaimana cara membantu memperbaiki kesimbangan mikrobiota saluran cerna ? 

"Awal kehidupan hingga 3 tahun merupakan jangka waktu penting pada anak untuk mengembalikan profil mikrobiota menjadi seimbang. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian ASI Ekslusif, karena ASI mengandung lebih 200 spesies mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik dan human milk aligasaccharides atau yang dikenal sebagai prebiotik."


Kombinasi probiotik dan prebiotik yang bekerja sinergis dan memberikan efek, dikenal juga dengan Sinbiotik, dapat membantu mempercepat kolonisasi bakteri baik dan meningkatkan jumlah bakteri baik seperti Bifidobacterium pada si kecil yang lahir secara caesar. Hal ini dapat meningkatkan sistem imun selama dua tahun pertama kehidupan serta menurunkan risiko anak mengidap penyakit alergi. Penjelasan Prof. Juffrie.

Banyak hal yang belum saya ketahui tentang persalinan caesar, didalam seminar digital kemarin. Saya menjadi banyak paham tentang dunia persalinan caesar termasuk masalah imunitas si kecil pada saat persalinan caesar.

Ditambah bunda Cynthia Lamusu membagikan pengalaman mempersiapkan proses persalinan caesar. Bunda dari anak kembar "Tatjana & Bima" merupakan kelahiran berisiko, mengingat bunda Cynthia menggunakan metode bayi tabung (IVF), kehamilan di usia 37 tahun dan janin kembar.

Kondisi ini menjadi faktor risiko yang mengaharuskan bunda Cynthia melakukan persalinan secara caesar. Hal ini tidak meyurutkan semangat bunda dan suami menyambut kelahiran sang buah hati.

Dimana kondisi tersebut bunda Cynthia mendapat dukungan yang baik dari pihak rumah sakit, suami dan orang-orang terdekat yang mampu membuat pasangan ini mampu menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Anjuran dokter untuk melakukan tes potensi caesar merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi hidup. "Saya bersyukur diberkahi support system yang kuat dalam setiap proses dari kehamilan, kelahiran, hingga merawat si kembar" ujar bunda Cynthia.

"Apapun metode persalinannya, persalinan normal atau pun persalinan caesar. Bunda jangan berkecil hati, karena yang diutamakan dalam melahirkan adalah ibu dan anak dalam keadaan sehat. Apa yang kita bisa lakukan ialah dengan memeprsiapkan sematang mungkin termasuk antisipasi risiko kelahiran caesar pada ibu dan anak."

Informasi Nutriclub : 

Sebagai komitmen untuk mendukung kesehatan ibu dan anak di Indonesia, Nutriclub akan meluncurkan Tes Potensi Caesar untuk membantu orang tua mengenali faktor risiko informasi seputar kehamilan, persiapan dan pasca kelahiran caesar juga dapat ditemukan di website www.nutriclub.co.id dan instagram @nutriclub_id ya !


Let's be friends !
See you on the next blogspot




  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. ternyata cara persalinan pun ada juga berpengaruh besar terhadap imunitas sikecil dari baru lahir yah, tapi apapun itu yang penting tetep semua sehat yah yg penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun baru paham mba selama saya ikut webinar kemarin. saya satu pikiran sama mbanya, yg terpenting sehat ibu dan bayinya. semoga bermanfaat ilmu yang didapet ya mba

      Hapus
  2. Aku 2 kali lewati persalinan sesar. Dan baru tau klo persalinan normal anak akan melewati bakteri baik supaya imunitas anak lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba caca, saya sudah 2 kali melewati jalan melahirkan normal pun, baru kemarin pas webinar baru engeh coba hahaha

      Hapus
  3. 2 kali lahiran sc. Alhamdulillah bs menyusui keduanya walau kalo diinget nyess banget rasanya euy. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi perjuangan terasa indah ya mom winda, setelah melihat sang buah hati, hehehehee

      Hapus
  4. Aku juga baru tau nih soal hubungan antara cara persalinan dengan imunitas si kecil. Thanks artikelnya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba hetty, semoga selalu bermanfaat ya mba semua artikel yang ku share.

      Hapus
  5. ASI Ekslusive memang terbukti banyak manfaatnya ya kak. Persalinan dan imunitas memang saling terkait. Walau lahiran dengan cara normal atau SC tetap penting untuk memberikan ASI pada buah hati kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, walaupun proses melalui jalan SC bisa disusul dengan ASI Ekslusif ko.

      Hapus
  6. beneran baru tahu info ini lho mbak makin semangat deh emang ASI rahmat Allah yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya mba aliya, seneng deh kalo bisa bermanfaat bagi banyak orang yg baca.

      Hapus
  7. Benr banget ASI itu maa sya allah banget pokoknya kalau kata orang tua obat segala obat untuk buah hati, btw ini infonya bermanfaat sekali loh,noted banget 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih lho mom ully, semoga selalu membawa manfaat ya mom

      Hapus
  8. Setuju banget Mom, ASI emang yang paling bagus buat anak. Thanks for sharing ya Mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mom, semoga bermanfaat dan bisa saling sharing ya mom

      Hapus
  9. ASI itu yang paling bagus untuk anak kita,dan aku pun tetap berusah memberikan ASI yang terbaik untuk si kecil walaupun banyak sekali tantangan yang aku hadapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih menyusuikah mom, kalo masih tetap semangat menyusui....

      Hapus
  10. Ya amoun bener banget mom penjelasannya di atas. Aku jg sesar, alhamdulillah bisa asi 2 tahun dan anakku sehat wal afiat. Tetep +think, ga usah denger pendapat - orang2 ttg anak sesar

    BalasHapus