Saluran Cerna Anak Sehat, Dukung Imunitas Dengan Kombinasi Prebiotik FOS GOS

By Tikaprastyoo - Agustus 03, 2020

"Di Indonesia, anak balita (0-5 tahun) merupakan golongan yang paling rawan terhadap bermacam-macam infeksi. Infeksi yang umum dialami anak-anak adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare). Prevalensi anak usia 1-4 tahun yang mengalami ISPA adalah 13,7% dan diare sebesar 12,8%. - sumber RISKERDAS 2018 "


Blogbuntik - Membicarakan persoalan nutrisi anak memang tidak ada habisnya ya buba. Secara persoalan ini menjadi lebih fokus ketika terjadi dialami oleh anak kita sendiri.

Anak yang sehat memiliki tumbuh kembang optimal diperlukan untuk membentuk fondasi masa depan bangsa yang berkualitas. Namun, infeksi saluran pernapasan akut dan diare menular banyak diderita oleh anak usia dibawah lima tahun, sumber WHO.


Beberapa waktu lalu, saya diberikan kesempatan untuk mengikuti acara Seminar Digital "Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal" yang diselenggarakan pada hari Senin, 20 Juli 2020 oleh Nutriclub, bersama :
1. Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)
2. Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. yang akan menjelaskan lebih jauh mengenai mikrobioma.
3. Bpk. Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.


Sistem Imunitas Anak   
Sistem imunitas dibentuk sejak awal kehidupan dan akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks seiring dengan pertambahan usia anak. disinilah peran orang tua memastikan agar perkembangan imunitas optimal. Sistem imun yang terjaga menjadi bekal tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang. Menurut dr.Ariani, menyatakan bahwa imunitas manusia dibagi menjadi dua, yaitu : 
1. Segera
yang berasal dari lahir, seperti : kulit, bulu mata, air ludah, keringat, air mata, radang dan sel darah putih.
2. Adaptif (didapat) dari antibodi.

Dr. ariani menyatakan, penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan kuman dan alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. 

Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Karena di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikribioma dengan jumalh paling banyak terdapat di usus, ungkapnya.

Membangun imunitas anak sangat penting, apalagi disaat pandemi seperti saat ini. Nutrisi yang buruk atau kurang baik menyebabkan sistem imun buruk terhadap tumbuh kembang anak. Makanan dengan kandungan zat seperti asam amino, lemak, karbohidrat, vitamin dan Mineral yang cukup bagi anak. dapat membantu memelihara sistem imun tubuh.

"Vitamin yang berperan dalam sistem imun anak, seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B6, B12 dan asam folat. Dimana salah satu vitamin tersebut bermanfaat untuk kulit dan pertahanan tubuh", disampaikan oleh dr. ariani.


Add caption

Apa Mikrobioma ?
Mikrobioma merupakan saluran ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobioma usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Keseimbangan komposisi tersebut agar harus diperlihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik. Papar  Prof. Yvan mengenai penelitiannya.

Perubahan mikrobioma dan efeknya pada risiko penyakit di masa depan.
Anak dalam masa penting 1000hari pertama, berikut penjelasan Prof. Yvan.

Efek mikrobiota saluran cerna yang terganggu, pada usia balita akan menyebabkan :
1. Alergi : gagal tumbuh, perkembangan terlambat.
2. Penyakit tidak menular : alergi, Obesitas, penyakit jantung dan pembuluh, diabetes, hipertensi.
Mulai dari lahir jika mikrobioma saluran cerna seimbang akan tercipta hidup sehat untuk masa depan.

Prebiotik mendukung pertumbuhan Bifidobakteria
Inilah ciri-ciri mikrobioma usus dengan jumlah bifidus yang optimal :
- Mengurangi jumlah bakteri patogen
- Sintesis vitamin
- Sintensis enzim pencernaan
- Menurunkan pH
- Mengaktivasi sistem imun 
Manfaat prebiotik sering terkait dengan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi saluran cerna, dan turut berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan system imun yang sehat.

Apa sih perbedaan dari Prebiotik Oligosakarida ?
Galakto-oligosakarida (GOS) dibuat secara enzimatik dari galaktosa, dan Frukto-oligosakarida (FOS) umumnya di ekstrak sebagai inulin dari tanaman chicory/tanaman lainnya.
Keuntungan dari Prebiotik GOS dan FOS dapat mendukung mikrobioma saluran cerna yang menguntungkan.

Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Penuturan Prof. Yvan 

Di tengah tantangan kesehatan yang sedang kita hadapi bersama-sama ini, imunitas anak perlu didukung salah satunya dengan pemberian nutrisi yang tepat. Untuk itu Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub dengan adanya diskusi ini, bisa lebih banyak orang tua yang mengetahui pentingnya imunitas dan cara mendukung imunitas anak melalui nutrisi agar si kecil memiliki tumbuh kembang optimal. Untuk kalian para orang tua agar mendapatkan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan ilmu tumbuh kembang, dan ilmu parenting lainnya agar dapat mengunjungi website Nutriclub. yang disampaikan oleh bapak Arif Muhajidin, selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia.


 

  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Wah, ternyata mikroba aja bisa meningkatkan imunitas ya. Harus ngasih nutrisi ya baik buat anak nih. Terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  2. Saluran cerna sangat penting diperhatikan. Sebab akan berkenaan dengan penyerapan nutrisi. Ada kasus, banyak makan tapi mal nutrisi. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  3. Peran orang tua memastikan agar perkembangan imunitas optimal memang paling utama ya kak. Karena semua bermuara pada saluran cerna. Oleh karenanya anak butuh nutrisi yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pentingnya memperhatikan perkembangan imunitas yang optimal memang mba niken.

      Hapus
  4. Aku suka bagian Anak dalam masa penting 1000hari pertama, ini akan Aku pelajari lebih lanjut, Karena aku baru tahu lho ka,

    BalasHapus
  5. Betul banget nih, imunitas anak memang perlu didukung dengan pemberian nutrisi yang tepat. Sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan itu semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diusahakan setiap orang tua dapat berperan dalam pemberian nutrisi terbaik untuk anaknya. semoga bermanfaat ya mba artikelnya.

      Hapus
  6. Kamu ikut webinar ini juga, ya, mom. Sama dong. Bermanfaat banget ya penjelasan mengenai fungsi saluran cerna dan kaitannya dengan sistem imun dan tumbang si kecil

    BalasHapus
  7. Bener mba, mbanya juga ikutan ya. bagus jadi paham ya mba dan menambah ilmu parenting yang belum diketahui oleh kita.

    BalasHapus