Sunday, July 26, 2020

, , , , , , , , ,

Makna Hidup, Lahir Dari Ilmu Pendaki Gunung


 "The Only Source Of Knowledge is Experience - Albert Einstein"
Credit Canva
Blog Buntik - Menurut Wikipedia, Alam mengacu kepada fenomenal dunia fisik dan kehidupan secara umum. Study tentang alam adalah bagian besar dari ilmu pengetahuan. Alam membuat manusia menjadi ilmu pasti tentang kehidupan.

saya sudah berkecimpung dengan alam, sedari duduk di bangku sekolah kelas 10. Berawal dari sebuah minat besar dalam hati, yang memacu adrenalin saya dalam setiap melakukan latihan. Zaman dulu pencinta alam di sekolah saya, sangat populer dari Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera). 2hari dalam seminggu, adalah latihan rutin untuk semua anggota baru. Dan setelah itu, akan ada beberapa pelantikan untuk kenaikan status pemula menjadi senior.

Dimulai dari pelantikan awal yang dilakukan di salah satu gunung Jawa Barat, yaitu Gunung Pangrango. Banyak pelajaran yang saya dapatkan, sebelum melakukan pelantikan tersebut. Saya dibekali beberapa pelatihan dasar untuk pemula, agar pendaki pemula tidak kaget melakukan kegiatan yang penuh resiko ini.

Energi yang terbuang sangatlah banyak dalam proses pelatihannya. Disini, saya mulai merasakan bahwa inilah sebuah proses untuk masa depan. Ibarat kita punya keinginan, inilah yang disebut proses sulit terlebih dahulu sebelum kita merasakan bahagia setelah pencapaiannya.
 Pepatah mengatakan :
│Berakit-rakit kehulu, bersenang-senang kemudian

Source Canva
inilah beberapa pelajaran dari pendaki gunung, yang bisa diterapkan dalam kehidupan, sampai saat ini :
1. Menyusunan rencana sampai puncak
Sebelum saya mendaki gunung, persiapan yang paling utama adalah, menyiapkan mental dan kondisi badan, menyiapkan logistik yang cukup, persiapan peralatan yang dibawa untuk di gunung, dan sampai merencanakan jalur perjalanan yang akan ditempuh sampai puncak. Kalian bisa lihat, kondisi ini diibaratkan kepada hidup kita sehari-hari. Sama halnya dalam kehidupan, perlu mempersiapkan segalanya untuk mencapai kesuksesan. Dengan perencanaan yang matang, saya akan mudah mencapai puncak kesuksesan.

2. Tetap berjalan maju selangkah demi selangkah, walau terasa berat
Saat mendaki gunung, pasti selalu ada rintangan yang dirasakan, mulai dari tenaga dan mental menjadi lemah. Apalagi melihat jalur pendakian, yang menanjak dan berliku-liku. Karena saya percaya dibalik itu ada keindahan alam yang menenangkan. 
Walaupun terasa semakin berat dalam menjalankannya, tetapi saya tetap berjalan maju selangkah demi selangkah sampai puncak gunung. Inilah seni yang menjadi nikmat tersendiri. Bagi saya, ini bukan semata karena hobby. Inilah bagian dari hidup saya. Begitu pula jika dikehidupan nyata, bahwa hidup manusia tidak akan ada yang berjalan mulus, selalu ada rintangan dari perjalanan hidup. Bagaimana saya menerapkan kesabaran saya, yang terpenting saya tetap melangkah maju dan menghadapi setiap rintangan yang ada. 

3. Menguatkan Karakter Diri dan Mendapatkan Manusia yang dapat dipertahankan
Semakin tinggi saya mendaki, semakin indah pemadangan yang akan saya nikmati. Semakin banyak tantangan yang saya selesaikan, semakin besar juga karakter dalam diri saya. Saya lebih memahami tentang arti kehidupan, kesabaran, kerja keras, dan belajar menghargai hal kecil dalam kehidupan. Pernah mendengar, jika seorang pendaki akan terlihat karakter aslinya pada saat mendaki ? ungkapan itu benar adanya, banyak orang yang akan terlihat sifat dan karakter aslinya, hal ini karena faktor jarak yang jauh dan sulit. Dan disaat inilah saya lebih paham siapa saja orang yang selalu ada untuk saya dalam keadaan sulit, sedih, dan terus mendukung saya menjadi orang yang lebih baik lagi. Dan mereka-merekalah yang saya pertahankan sampai saat ini.

4. Selalu bersyukur
Setelah mencapai puncak, bahagia dan merasa kecil itulah, yang akan dirasakan oleh setiap pendaki. Rasa syukur yang menjadi kunci kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup saya, walaupun dalam posisi tersulit. Karena tanpa rasa syukur, hidup saya akan terasa hampa meskipun kesuksesan telah saya raih.

Inilah pelajaran yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya. Pelajaran pendakian yang saya lakukan, membuahkan hasil yang baik untuk saat ini dan kedepannya. Saya akan terapkan juga ke anak dan cucu saya. 

Semoga pengalaman hidup saya ini bisa menjadi motivasi kalian. Jadilah manusia yang membawa manfaat untuk manusia lainnya.  Tidak hanya untuk keluarga inti, tetapi untuk semua orang.





Let's Be Friends !
See you next blog


0 comments:

Post a Comment